Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 14:10 WIB

Rini Putar Otak agar Bandara Baru DIY Tak Bernasib Seperti Kertajati

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani - detikFinance Foto: Trio Hamdani - detikFinance
Yogyakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memutar otak agar bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo tak bernasib seperti Bandara Kertajati yang kini masih sepi.

Kedua bandara tersebut bisa dibilang punya kemiripan, yaitu berhadapan dengan bandara eksisting yang sudah ada lebih dulu. Selain itu jaraknya lebih jauh dari pusat kota.

Rini mengatakan yang bakal ditekankan di bandara baru Yogyakarta ini adalah pariwisata. Itu dia sampaikan dalam kunjungan kerja ke YIA.


"Makanya dari sini (YIA) kita juga mau langsung ke Borobudur. Saya ingin tahu seberapa jauh dari Borobudur, karena memang kita harus membuat program-program yang menarik untuk para penumpangnya, sehingga mereka juga merasa nyaman untuk datang melalui Kulon Progo," kata Rini di YIA, Selasa (7/5/2019).

Rini menyadari bahwa bagi mereka yang tinggal di kota Yogyakarta bakal lebih dekat jika menggunakan Bandara Adisutjipto ketimbang YIA.

"Mungkin memang masyarakat yang tinggal di Yogya masih merasa kalau Adisutjipto lebih dekat," sebutnya.


Itu yang menurutnya perlu diperhatikan, bagaimana masyarakat bersedia menggunakan bandara baru Yogyakarta. Misalnya dengan menyediakan akses transportasi yang nyaman dan berbagai program menarik yang dikerjasamakan antar BUMN.

"Nah ini yang kita harus pikirkan apa yang kita programkan," tambahnya.


Rini Putar Otak agar Bandara Baru DIY Tak Bernasib Seperti Kertajati
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed