Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 14:50 WIB

Mudik dari Lampung ke Palembang Bisa Lewat Tol, Ini Rutenya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: dikhy sasra Foto: dikhy sasra
Jakarta - Pembangunan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggung-Kayu Agung sepanjang 189 km hampir rampung. Tol ini bakal dioperasikan secara fungsional untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini.

Tol ini terhubung dengan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi sebelumnya. Dengan demikian, pemudik dari Lampung ke Palembang dan sebaliknya nanti punya rute baru melewati jalan tol.

Mengutip laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (8/5/2019), tol yang ditargetkan operasi Juni 2019 ini telah dilakukan uji laik fungsi oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia pada 2-3 Mei 2019.

Proses uji laik fungsi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan oleh Tim Laik Fungsi, yang terbagi menjadi 3 sub tim. Sub tim 1 melakukan evaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, sub tim 2 melakukan evaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap. Kemudian, sub tim 3 melaksanakan evaluasi aspek administrasi dan operasi.

Uji laik fungsi di antaranya terdiri dari pengecekan kualitas konstruksi jalan, pengecekan marka jalan serta rambu lalu lintas.


Setelah uji laik fungsi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung rampung, akan dikeluarkan sertifikat laik fungsi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan sertifikat laik operasi dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Sehingga, tol ini dapat dioperasikan sesuai masa pengoperasiannya oleh operator jalan tol.

Adapun Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 Km. Saat ini, progress konstruksinya sudah mencapai 91,24 %. Kemudian, pada Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 Km saat ini progress konstruksinya telah mencapai 95,23 %.

"Kehadiran jalan jol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung nantinya juga akan dioperasikan secara fungsional pada perayaan arus mudik Lebaran 2019," bunyi keterangan tersebut.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed