Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 10:42 WIB

Luhut Panggil Menhub dan Menag Bahas Penerbangan Umrah dari Kertajati

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: (Tommy Bernadus/dTraveler) Foto: (Tommy Bernadus/d'Traveler)
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pagi ini menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas kesiapan Bandara Kertajati dalam pelaksanaan haji dan umrah.

Pantauan detikFinance di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019), hadir Menteri Agama Lukman Hakim dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar, dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana Pramesti. Berdasarkan daftar hadir, rakor juga mengundang perwakilan dari Angkasa Pura II dan pihak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Rakor dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB.


Direktur PT BIJB M Singgih menjelaskan, berbagai persiapan dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan haji dan umrah dari Bandara Kertajati.

"20 Juni 2019 selesai sertifikasi runway dari 2.500 menjadi 3.00 meter sehingga bisa penerbangan direct dari Kertajati ke Madinah. Insyaallah, September nanti bisa direct penerbangan umrah dari sini (Kertajati)," katanya di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Kamis (9/5/2019).

Dia menyatakan, Kementerian Perhubungan tengah melakukan sertifikasi runway tersebut. Namun secara umum tidak ada masalah dan diharapkan bisa selesai sesuai dengan yang diharapkan.


Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga tengah menyiapkan lounge umrah berukuran 700 meter persegi. Lounge tersebut bisa menampung 300 jemaah dan dilengkapi sembilan musala.

"Di lantai 2 bandara, itu letaknya sebelah kiri. Di lantai 3 itu yang utama. Lounge umrah ini bisa menampung 300 pax (penumpang) dan di sana dilengkapi oleh sembilan musala," kata dia.


Penampakan Sepi di Bandara Internasional Kertajati:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com