Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 08:16 WIB

Penerbangan di Bandara Husein Pindah ke Kertajati 15 Juni

Trio Hamdani - detikFinance
2 Penerbangan Haji dan Umrah Juga dari Kertajati
Halaman 3 dari 3
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto

Penerbangan umrah dan haji warga Jawa Barat bagian timur tahun ini diputuskan tidak lagi melalui Bandara Soekarno-Hatta. Dari hasil rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan kemarin, umrah dan haji diputuskan melalui Bandara Kertajati di Majalengka.

"Kita bahas haji dan umrah melalui Kertajati. Jadi sudah diputuskan semua haji dan umrah untuk Jawa Barat bagian timur, jadi itu ada Majalengka, Subang, Indramayu, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis itu ke sana," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rakor di kantor Luhut, Jumat (10/5/2019).

Hal senada diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, bahwa telah diputuskan penerbangan umrah dan haji bakal diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

"Saya ucapkan syukur Alhamdulillah barusan keputusan dalam rapat yang dihadiri oleh tiga menteri, Menteri Perhubungan, Menteri Koordinator Maritim, Menteri Agama, bahwa untuk penerbangan ke Jeddah dan Makkah ibadah haji wilayah Jabar embarkasinya di Kertajati," jelasnya dalam kesempatan terpisah.

Kata dia, Luhut telah menginstruksikan Kementerian Agama agar bisa cepat direalisasikan. Untuk tanggal dan bulan keberangkatannya, kewenangannya ada di Kementerian Agama. Jumlah jemaah haji yang kemungkinan berangkat dari Bandara Kertajati sekitar 20 kloter atau 4.000 jemaah.

"(Waktunya) tergantung Kementerian Agama. Yang jelas sudah ada keputusan dalam rapat tersebut (umrah dan haji tahun ini dari Bandara Kertajati)," tambahnya.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com