Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 13:44 WIB

Kemenhub: LRT Jakarta Siap Dioperasikan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa layanan light rail transit (LRT) Jakarta telah siap dioperasikan. Kesiapan itu telah sesuai dengan hasil persyaratan teknis dan administrasi.

Menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nur Salam saat ini semua penilaian persyaratan teknis dan administrasi yang merupakan kewenangan Kemenhub sudah rampung. Sehingga LRT siap dioperasikan.

"Secara teknis LRT Jakarta siap untuk dioperasikan," kata Edi dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Sabtu (11/5/2019).

Kemenhub sendiri memiliki kewenangan terhadap LRT Jakarta berupa penerbitan sertifikasi kelaikan sarana LRT, penerbitan sertifikasi prasarana yang dimulai dengan tahap rekomendasi teknis, dan penilaian aspek keselamatan operasional, supervisi Standar Operasional Procedure (SOP).

Selain itu, Kemenhub berwenang juga pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan standar keselamatan operasional LRT Jakarta, supervisi simulasi keadaan darurat, supervisi dokumen Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP).


Lebih lanjut, Edi menjelaskan LRT Jakarta juga dapat dioperasikan secara fungsional. Hal itu sesuai dengan hasil rekomendasi teknis prasarana yang dikeluarkan Kemenhub.

"Untuk menjamin keselamatan pengguna LRT dan operasional LRT, Direktorat Jenderal Perkeretaapian juga sudah melakukan penilaian keselamatan dan supervisi serta rekomendasi terhadap dokumen sistem manajemen keselamatan perkeretaapian yang dibuat oleh PT LRT Jakarta," terang dia.

Sementara itu, proses administrasi selanjutnya berada di bawah Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Sehingga dengan keluarnya hasil administrasi dari Kemenhub LRT Jakarta dapat segera beroperasi.

Sebagai informasi, pembangunan LRT Jakarta sendiri telah lama dirampungkan hanya saja tak kunjung beroperasi. Mulanya, LRT Jakarta ditargetkan beroperasi pada Agustus 2018 saat pelaksanaan Asean Games namun ternyata pembangunan belum selesai dilakukan.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed