Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 17:23 WIB

Melihat Lokasi Calon Bandara Sukabumi di Tengah Kebun Singkong

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Lokasi Calon Bandara Sukabumi/Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom Lokasi Calon Bandara Sukabumi/Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Sukabumi - Pembebasan lahan untuk pembangunan bandara di kawasan Cikembar, Kabupaten Sukabumi dimulai tahun ini. Total kebutuhan lahan untuk pembangunan bandara mencapai 137.66 hektar.

detikFinance bersama rombongan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar mengunjungi lokasi lahan yang akan dijadikan pembangunan bandara tersebut. Jarak lokasi lahan dengan jalan utama sekitar 2 kilometer (km).

Akses menuju lokasi bisa dilalui dua kendaraan roda empat secara bersamaan dengan kondisi jalan berbatu dan berdebu. Tidak ada pemukiman warga di sekitar lokasi, hanya didominasi perkebunan singkong.


Sepanjang lahan tersebut, terdapat dua menara sutet dan bukit di kiri dan kanan lahan. Lokasi pun tampak dipenuhi pepohonan.

"Penetapan lokasi sudah dilakukan Menhub. Selanjutnya gubernur penetapan lokasi lahan di sini (Cikembar). Total kebutuhan lahan 137.66 hektar," kata Kadishub Jabar Hery Antasari usai meninjau lokasi, Sabtu (11/5/2019).

Melihat Lokasi Calon Bandara SukabumiFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom

Ia menuturkan pemerintah pusat tahun ini menggelontorkan Rp 50 miliar untuk pembebasan lahan tahap awal. Total kebutuhan biaya pembebasan lahan mencapai Rp 300 miliar.

"Total ada 7 pemilik lahan. 4 di antaranya pemilik besar PTPN, dan perusahaan perkebunan swasta. Semua belum dibebaskan, tahun ini dianggarkan," ungkap dia.


Menurutnya konstruksi bandara baru bisa dilakukan tahun depan. Diperkirakan seluruh tahapan pembangunan menelan biaya mencapai Rp 1 triliun.

"Tahun 2020 kemungkinan percepatan konstruksi," tutur dia.

Bandara Sukabumi nantinya lebih kecil dibandingkan Bandara Nusawiru Pangandaran. Bandara dengan perkiraan runway 1.800 meter ini hanya bisa didarati pesawat perintis. (mud/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com