Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 12:00 WIB

Jokowi Resmi Buka Tol 'Bercandi' di Jawa Timur

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Kunjungan kali ini untuk meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang.

Tol ini sebelumnya sempat ditunda peresmian pengoperasiannya pada April lalu lantaran Jokowi batal melakukan kunjungan kerja saat itu.

Dikutip dari Situs Setkab, Senin (13/5/2019), Jokowi bersama rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (13/5/2019) menuju Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 08.45 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, pada pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung menuju Gerbang Tol Singosari tempat berlangsungnya peresmian.


Setelah peresmian, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas juga akan meninjau jalan tol Pandaan-Malang. Tol ini sebelumnya ramai diperbincangkan karena pada salah satu seksi (seksi 5) yang dikerjakan terdapat situs bersejarah, yakni Situs Sekaran.

Situs Sekaran diyakini sebagai bangunan suci yang menghadap Gunung Semeru. Pada masanya situs Sekaran disebut sebagai bangunan megah seperti Candi, sebelum akhirnya runtuh karena adanya perkampungan di sekitar lokasi situs. Upaya penyelamatan kini tengah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Situs Sejarah di Tol Pandaan-MalangSitus Sejarah di Tol Pandaan-Malang Foto: Muhammad Aminudin


Temuan situs Sekaran juga dikatakan sebagai penemuan terbesar tahun 2019. Keberadaannya juga menjadi bahan literasi baru kejayaan masa lampau. Pasca ekskavasi, pengelolaan situs akan diserahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com