Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 15:05 WIB

Bagaimana Nasib 'Candi' di Tol Pandaan-Malang? Ini Kata Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Muhammad Aminudin Foto: Muhammad Aminudin
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan persoalan situs Sekaran atau sebuah bangunan megah seperti candi pada ruas Tol Pandaan-Malang sudah selesai pengurusannya.

Hal itu diungkapkan usai meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol (GT) Singosari, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Meski sudah selesai, orang nomor satu di Indonesia ini pun meminta kepada khalayak yang menanyakan terkait teknis bisa ditanyakan langsung kepada kepala daerah terkait.

"Sudah selesai, nanti teknis ditanyakan ke Pak Bupati," kata Jokowi di tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).



Setelah peresmian, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas juga akan meninjau jalan tol Pandaan-Malang. Tol ini sebelumnya ramai diperbincangkan karena pada salah satu seksi (seksi 5) yang dikerjakan terdapat situs bersejarah, yakni Situs Sekaran.

Situs Sekaran diyakini sebagai bangunan suci yang menghadap Gunung Semeru. Pada masanya situs Sekaran disebut sebagai bangunan megah seperti Candi, sebelum akhirnya runtuh karena adanya perkampungan di sekitar lokasi situs. Upaya penyelamatan kini tengah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Temuan situs Sekaran juga dikatakan sebagai penemuan terbesar tahun 2019. Keberadaannya juga menjadi bahan literasi baru kejayaan masa lampau. Pasca ekskavasi, pengelolaan situs akan diserahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed