Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Mei 2019 13:15 WIB

Trayek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Lanjut ke Kertajati

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Bandung Barat - Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung kini sudah memasuki tahap penyambungan terowongan di Walini, Bandung Barat. Hal ini disebut sinyal positif untuk pembangunan ke tahap berikutnya hingga penyambungan ke wilayah Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan nantinya proyek kereta cepat ini diharapkan bisa diteruskan ke wilayah lain.

"Dari Tegalluar ke Kertajati hanya 60 km, area jalan tol sudah ada, jadi ya tinggal melipir saja tidak usah pembebasan lahan. Tentu dengan rumus model plan yang sama, bisa dilanjutkan lah (ke Kertajati)," ujar Ridwan Kamil, di Walini Tunnel, Bandung Barat, Selasa (14/5/2019).

Dia mengharapkan jika jalur kereta sudah tersambung maka akan mempengaruhi wilayah di sekitar Bandara Kertajati.

"Suatu hari Bandara Kertajati akan sangat padat, saya selalu jawab itu kalau ada yang tanya," imbuh dia.



Kemudian dia menyampaikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini bukanlah tujuan akhir. Namun sebuah media untuk melahirkan kota baru.

"Dengan adanya ini, membangun kota baru di Walini bisa lebih beralasan, ada banyak pekerjaan di sini. Insyaallah adil dan makmur bisa tercapai," imbuh dia.

Menurut Emil tersambungnya terowongan pertama proyek kereta cepat ini merupakan simbol kesuksesan karena dikerjakan dengan sulit. Dia mengharapkan hal ini bisa menjadi berkah untuk masyarakat Jawa Barat.



Trayek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Lanjut ke Kertajati
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed