Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 10:37 WIB

Direnovasi 10 Bulan, Masjid Istiqlal Tetap Bisa Dipakai

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta - Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat akan direnovasi dalam 300 hari ke depan atau sekitar 10 bulan. Masjid ini rencananya akan direnovasi secara menyeluruh.

Meski direnovasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, masjid ini tetap bisa digunakan. Basuki pun meminta maaf atas kenyamanan jamaah yang terganggu.

"Kita atur, tapi pasti tidak mungkin tidak bisa, ini baru persiapan kalau sudah dilakukan semua karpet diganti marmer semua dibersihkan, pilar-pilar disentuh. Jadi ya mohon maaf for convenience," katanya di Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (16/5/2019).


"Ya masih tetap (bisa digunakan), tapi tidak full seperti kita bikin jalan. Di Mekah kalau ada renovasi besar-besaran tetap jalan tapi kan dibatasi kuotanya. Begitu selesai kuotanya tambah," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan, fungsi masjid tetap berjalan kendati direnovasi. Sebab, katanya, renovasi ini berjalan secara bertahap bagian demi bagian.

"Jadi prinsipnya fungsi masjid sebagai tempat salat tetap berlangsung, tidak ditutup sama sekali. Namun dengan proses renovasi tentu ada bagian-bagian tertentu yang mengalami..karena renovasi tidak bisa digunakan maksimal. Tapi kan Masjid Istiqlal luas sekali tentu pekerjaannya tidak serentak seluruhnya bagian demi bagian, fungsi masjid tetap bisa terjaga dengan baik," jelasnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com