Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 12:10 WIB

Pemulihan Lombok Masih Berlanjut, Swasta Dilibatkan

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya melakukan pemulihan infrastruktur imbas gempa bumi berkekuatan 6,4 SR dan
7,0 SR yang melanda Lombok pada Agustus 2018 lalu.

Perbaikan fokus terhadap infrastruktur berupa jalan hingga jembatan.

Selain Pemerintah, sejumlah pihak swasta juga ikut turun tangan melakukan pemulihan infrastruktur yang ada di salah satu pulau tujuan wisata tanah air tersebut.


Salah satunya seperti yang dilakukan USG Boral - Jayaboard yang merestorasi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Sambik Bangkol, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), Jayaboard membangun kembali gedung
sekolah tersebut selama dua bulan terhitung sejak Maret lalu. Kini, gedung sekolah tersebut telah rampung direstorasi dan siap untuk digunakan kembali.

"Kondisi gedung sekolah sebelum direstorasi 35 persennya runtuh karena tidak menggunakan system plafon tahan gempa sehingga sangat tidak aman bagi kegiatan belajar mengajar," kata Presiden Direktur USG Boral - Jayaboard Andi Chandra dalam keterangannya, Jumat (16/5/2019).


Restorasi gedung sekolah meliputi seluruh ruang kelas, ruang guru dan toilet.

Untuk kenyamanan dan keamanan para siswa dan guru, Jayaboard menerapkan konstruksi plafon tahan gempa melalui penggunaan material papan gyptile JayaDura Condado, papan gypsum dengan finishing lapisan vinyl sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Rangka plafon pada atap gedung menggunakan rangka metal JayaBMS exposed grid yang telah tersertifikasi lulus uji 3x safety factor. (dna/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed