Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 19 Mei 2019 19:25 WIB

Begini Progres Pembangunan Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance
Jakarta - Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) tak lagi difungsikan mulai tanggal 23 Mei 2019. Gerbang tol tersebut diganti dengan Gerbang Tol Cikampek Utama kilometer (Km) 70 untuk melayani arah ke timur dan Gerbang Tol Kalihurip Utama Km 67 untuk ke selatan.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, gerbang tol pengganti tersebut hampir rampung dan siap digunakan untuk melayani mudik.

"Ini progres kurang lebih 85%, nanti yang 15% sebenarnya yang satelit-satelit. Jadi tambahannya, kalau ini utamanya, ini selesai, hari ini selesai," katanya saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Minggu (19/5/2019).


Desi mengatakan, dengan adanya gerbang tol pengganti ini diharapkan dapat mengurai kemacetan. Sebab, Gerbang Tol Cikarang Utama sebelumnya menanggung beban kendaraan untuk dua arah yakni dengan tujuan ke timur seperti ke arah Semarang dan ke selatan seperti Bandung.

"Di sini trafficnya sudah pecah. Tadinya Cikarut menahan full traffic dari Jakarta, sekarang dibagi dua," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau ke pengguna jalan agar memperhatikan jalur yang akan ditempuh.


"Yang Cikarut akan kita hilangkan, kita akan bagi dua dan yang akan mudik ke arah Semarang kita pindah ke Cikampek Utama. Kalau mereka akan mudik ke Bandung siap-siap dari Cikarut, bahwa nanti gerbangnya bukan di Cikarut mereka siap-siap ambil arah ke kanan ada jalur khususnya," ujarnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com