Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 19 Mei 2019 20:35 WIB

Pemudik Tujuan Selatan Jawa Jangan Cuma Keluar GT Pejagan

Imam Suripto - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra Foto: ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Brebes - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi meminta agar pemudik dengan tujuan kota di bagian selatan Jawa tidak terfokus di pintu tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah. Masih ada pintu pintu keluar tol lain seperti di Adiwerna Tegal dan Gandulan Pemalang yang memiliki akses jalan ke kota kota selatan Jawa.

Imbauan ini dikemukakan saat mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi usai meninjau eksit tol Brebes Barat, Minggu (19/5/2019) sore.

"Banyak pintu tol. Seperti Pejagan, Brebes Barat, Brebes Timur, Adiwerna Tegal dan Gandulan Pemalang. Pemudik yang akan ke selatan Jawa jangan hanya terfokus melalui Pejagan. Sehingga kendaraan tidak menumpuk di Pejagan," ucap Dirjen Hubdat, Budi Setiadi.

Pintu tol Pejagan, kata Budi Setiadi untuk kendaraan yang akan ke Banyumas dan Cilacap. Pemudik dengan tujuan ke Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung dan Wonosobo bisa keluar lewat pintu tol Tegal (Adiwerna) atau Gandulan Pemalang.

Dijelaskan lebih lanjut, dari pintu Adiwerna pemudik langsung menuju Jatinegara (Tegal), Warungpring, Randudongkal,Belik (Pemalang) sampai ke Bobotsari dan Purbalingga. Demikian pula dengan Pemalang juga bisa ke arah Belik dan seterusnya.

"Masyarakat harus pinter memilih pintu keluar tol agar tidak terjadi penumpukan. Jangan tertumpu di Pejagan. Jangan semua keluar di Pejagan," tegasnya.

Demikian pula saat arus balik, kendaraan akan diarahkan agar tidak tertumpuk di Pejagan. Petugas akan mengarahkan pemudik agar menggunakan pintu tol yang terdekat.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com