Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 09:26 WIB

Mudik 2019 Lebih Ramai 12% dari 2018, Begini Persiapan Tol Cipali

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Sudirman Wamad Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah melakukan persiapan untuk menghadapi musim mudik 2019. Termasuk operator tol Cikopo-Palimanan PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Wakil Presiden Direktur LMS Firdaus Aziz menjelaskan, pihaknya memperkirakan arus puncak mudik terjadi pada H-5 dan puncak arus balik pada H+3. Total kendaraan mudik yang melintas dari H-10 hingga H+10 diperkirakan mencapai 1.733.895 unit.

"Total kendaraan diperkirakan naik 12% dari tahun 2018," ujarnya di Menara Astra, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Untuk menghadapi itu, LMS akan menambahkan jumlah gardu operasi dari biasanya 12 gardu pada kondisi normal menjadi 26 gardu.



LMS juga menambah mobile reader sebanyak 10 unit di Gerbang Tol Palimanan. Pihaknya juga menambah petugas khusus sebanyak 4 orang per shift.

Selain itu dipersiapkan penjualan kartu uang elektronik dengan menggandeng 2 bank yakni BJB dan BRI dengan 4 ribu kartu dan fasilitas non tunai Bank Mandiri dan BCA.

Dari sisi keamanan tol Cipali memang belum dilengkapi penerangan yang menyeluruh. Namun LMS sudah memasang lampu strobo di 5 titik yang dianggap rawan sejak 3 bulan yang lalu.

"Memang kalau secara standar pelayanan minimum (SPM) tidak diwajibkan penerangan. Kita juga menyiapkan tim patroli yang berkeliling untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com