Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 13:35 WIB

Mau Dipakai Mudik, Begini Kondisi Jalur Pantura dan Pansela

Vadia Lidyana - detikFinance
Jalur pantura/Foto: Robby Bernardi/detikcom Jalur pantura/Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Pemerintah tengah mempersiapkan akses jalan dan transportasi untuk menyambut mudik 2019. Salah satu fokus pemerintah adalah jalan nasional yang akan didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Untuk jalan nasional, ini kami laporkan kita mempersiapkan khususnya yang dari Jakarta ke Cikampek, ini akan menjadi domainnya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Kami memperhatikan serius tentang kondisi jalannya," tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rapat Komisi V DPR, di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Basuki merincikan, kondisi jalan nasional dari Cikampek hingga Semarang sudah membaik. Lalu, jalanan lintas utara Jawa sepanjang 1.341 kilometer (km) sudah dengan kondisi prima 97%. Sedangkan, lintas tengah sepanjang 1.197 km kondisi primanya sudah 93%.

Lintas selatan sendiri yang sepanjang 888 km kondisi prima 98%. Terakhir, jalur pantai selatan (Pansela) siap beroperasi sepanjang 1.267 km.


Kemudian, Kementerian PUPR juga sudah meresmikan jembatan Kolonel Sunandar yang menjadi penghubung Kudus-Demak, sehingga masyarakat sudah dapat mengaksesnya. Selain itu, dua jembatan di Temanggung (Jembatan Galeh dan Jembatan Progo) sudah siap dibuka untuk umum.

"Beberapa perbaikan yang terjadi kita baru saja kemarin meresmikan jembatan Kolonel Sunandar yang ke arah Demak sudah dibuka untuk umum. Ini sangat membantu sekali, karena sudah dua arah kita gunakan. Kemudian hari ini jembatan di daerah Temanggung juga sudah dibuka untuk umum," terang Basuki.

Upaya-upaya tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menghindari kecelakaan bagi pemudik sepeda motor. Namun, pemudik tetap diimbau untuk mengurangi penggunaan kendaraan roda dua sebagai transportasi mudiknya.

"Kalau ada jalan yang kurang baik, akan membahayakan para pemudik sepeda motor. Walaupun sudah diimbau oleh Menteri Perhubungan untuk meminimalisir penggunaan sepeda motor," kata Basuki.




Simak Juga 'Mau Mudik Lewat Jalur Darat? Waspadai Titik Kemacetan Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com