Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 10:09 WIB

Luhut Panggil Budi Karya dan Ridwan Kamil Bahas Tol Cisumdawu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Antara FOTO/Puspa Perwitasari Foto: Antara FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi ini, Jumat (24/5/2019). Budi Karya tiba di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta sekitar pukul 9.15 WIB.

Belum diketahui secara rinci maksud kedatangan Budi Karya, namun berdasarkan agenda yang diterima awak media, rencananya Luhut akan rapat soal Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Selain Budi Karya, berdasarkan informasi yang diterima, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga dijadwalkan hadir dalam rapat kali ini.



Untuk diketahui, pembangunan Tol Cisumdawu saat ini masih terus dikebut. Bahkan, untuk Seksi II dan III ditargetkan bisa dipakai untuk mudik.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa sebelumnya menerangkan, untuk pengadaan lahan di Seksi I yang menghubungkan Cileunyi-Rancakalong sudah mencapai 65,86%.

"Untuk Seksi II Rancakalong-Sumedang panjangnya 17,35 Km sekarang posisi terakhir pembebasan lahan sudah 92% konstruksi 81,71%. Seksi III sepanjang 4,5 Km Sumedang-Cimalakan pembebasan lahan sudah 99,74%, kontruksinya hampir 60 persen," kata Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (25/3/2019).

Pihaknya menargetkan, pembangunan Seksi I, II dan III Tol Cisumdawu dari Jatinangor sampai Cimalaka bisa selesai tahun 2019. Dia menyebut Seksi II dan III sudah bisa digunakan menjadi jalur alternatif mudik lebaran tahun ini. Meski jalur tersebut belum memadai seluruhnya.

"Untuk Seksi II dan III diharapkan Lebaran ini sudah bisa digunakan karena sebenarnya sudah hampir selesai," katanya.



Lihat video Hujan-hujanan, Menteri PUPR Tinjau Tol Cisumdawu:

[Gambas:Video 20detik]


Luhut Panggil Budi Karya dan Ridwan Kamil Bahas Tol Cisumdawu
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com