Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 15:05 WIB

Tol Mana saja yang Bisa Dilewati Gratis Mudik Tahun Ini?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Foto: Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk
Jakarta - Beberapa ruas tol akan beroperasi secara fungsional untuk mudik dan balik Lebaran tahun ini. Dengan fungsional, maka tol ini bisa dilewati gratis.

Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Mahbullah Nurdin mengatakan, ruas tol ini yakni Pandaan-Malang Seksi 4, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Manado-Bitung.

"Yang sudah akan difungsikan ruas Tol Pandaan-Malang Seksi 4, ruas Terbanggi Besar-Pematang Pangggang-Kayu Agung, Manado-Bitung. Hanya itu untuk sampai saat ini yang siap untuk fungsional," katanya kepada detikFinance, Jumat (24/5/2019).

Dia mengatakan, tol itu berlaku fungsional pada H-10 Lebaran hingga H+10.

"Iya, gratis selama fungsional dan mulai H-10 sampai H+10," tambahnya.



Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya menyebut ada ruas Tol Cisumdawu yang dipakai saat mudik. Nurdin mengatakan, hingga saat ini belum ada rencana untuk memfungsikan tol ini.

"Sampai saat ini untuk Tol Cisumdawu belum ada rencana untuk difungsikan," ujarnya.

Dia menyebut, kalaupun dipakai maka akan berlaku darurat. Kemudian, yang bisa dipakai pun hanya Seksi II yang menghubungkan Rancakalong-Sumedang.

"Kalau yang Cisumdawu hanya digunakan untuk keadaan darurat saja kalau dibutuhkan untuk memecah traffic. Bukan difungsikan seperti yang lain," ujarnya.

"Hanya Seksi II saja, tapi jarak perjalanan jadi lebih jauh," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed