Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 12:54 WIB

GT Cikarang Utama Dibongkar, Tarif Jarak Jauh Tol Japek Tetap

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dhani Irawan/detikcom Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Pemindahan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke Cikampek Utama dan Kalihurip Utama diikuti dengan penyesuaian sistem transaksi menjadi terbuka semuanya. Perubahan sistem transaksi ini diikuti dengan perubahan pentarifan.

Adapun sistem transaksi terbuka yang berlaku saat ini terbagi menjadi 4 wilayah, yakni Jakarta IC-Ramp Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur, Jakarta IC-Cikarang Barat, Jakarta IC-Karawang Timur, dan Jakarta IC-Cikampek.

Untuk wilayah 1 yakni Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Timur ditetapkan Rp 1.500, wilayah 2 Jakarta IC-Cikarang Barat Rp 4.500, wilayah Jakarta IC-Karawang Timur Rp 12.000, dan wilayah 4 Jakarta IC-Cikampek Rp 15.000.

Dengan perubahan sistem transaksi ini, tarif untuk jarak pendek atau tidak sampai gerbang tol pengganti khususnya setelah gerbang Cikarang Utama mengalami kenaikan. Sementara, untuk jarak terjauh atau sampai gerbang tol pengganti tarifnya tetap.



Sebagai contoh, dari Jakarta IC menuju Cibatu tarifnya naik dari Rp 6.000 menjadi Rp 12.000. Kemudian, dari Jakarta IC menuju Cikarang Timur naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 12.000.

Sementara, jika dari Jakarta IC menuju gerbang baru di Cikampek tarifnya tak mengalami perubahan yakni Rp 15.000. Hal itu sama juga kondisinya dari Jakarta IC menuju Kalihurip tarifnya Rp 15.000.

Sebelumnya, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman menjelaskan, akses tol sebelum GT Cikarang Utama tak mengalami dampak penyesuaian tarif.

"Untuk akses gerbang tol di sebelah barat GT Cikarang Utama/sebelum GT Cikarang Utama, kendaraan golongan I tidak terdampak penyesuaian tarif tol akibat perubahan sistem transaksi," katanya dalam keterangan tertulis.

Kemudian, penyesuaian tarif yang dilakukan pasca perubahan sistem transaksi juga tidak berdampak signifikan di wilayah 2 (Jakarta IC- Cikarang Barat).

Namun, penyesuaian tarif akan berdampak pada akses gerbang tol di wilayah 3 (setelah GT Cikarang Utama) yaitu wilayah Cikarang Barat hingga Karawang Timur yang setelah perubahan sistem transaksi menjadi sistem transaksi terbuka, berlaku tarif merata sebesar Rp. 12.000 untuk golongan I.




Tonton juga video GT Cikarut Resmi Pindah, Ini Tarif Terbarunya!:

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed