Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 14:57 WIB

Disemprot Air, Batik Mendarat Perdana di Bandara Baru Yogyakarta

Ristu Hanafi - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi/detikcom Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Kulon Progo - Maskapai Batik Air resmi beroperasi di bandara baru Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta International Airport (YIA). Pendaratan perdana maskapai Lion Air Group ini berlangsung pagi tadi dengan rute penerbangan Cengkareng-YIA.

"Hari ini telah mendarat Batik Air dengan jenis pesawat Airbus 320 di bandara YIA," kata Managing Director Lion Air Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, usai menyambut kedatangan penumpang di Terminal Kedatangan YIA, Rabu (29/5/2019).

Penerbangan dengan nomor ID-6372 ini berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) pukul 08.00 WIB dan mendarat di YIA pukul 09.10 WIB. Pesawat berisi 97 penumpang dewasa, 3 anak dan 1 bayi.

Pendaratan perdana ini disambut dengan water salute dari dua armada Satuan Airport Fire Fighting and Rescue (ARRF) dan pemberian bingkisan kepada penumpang oleh petugas Angkasa Pura Airports.


"Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Angkasa Pura I yang menyiapkan bandara yang demikian bagus dan tentunya dapat segera dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam mempersiapkan Hari Raya Lebaran 2019 ini," imbuh Daniel.

Setelah mendarat di YIA, Batik Air ini kemudian melanjutkan penerbangan berangkat pukul 09.50 WIB ke Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya (PKY) dengan nomor penerbangan ID-6696 dan membawa total penumpang sebanyak 59 orang.

"Saat ini bandara YIA melayani penerbangan dari dua operator, yaitu Citilink dan Batik Air. Citilink rutenya YIA-Halim. Kemudian yang kedua adalah Batik Air yang akan melayani 4 rute, dengan rute yang mulai dilayani tanggal 29 Mei adalah rute Cengkareng dan Palangka Raya, kemudian untuk tanggal 1 Juni adalah rute Bali dan Samarinda," jelas Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose.


"Prospek YIA cukup bagus karena pasar daerah Jawa bagian selatan dapat turut diambil dan ini merupakan satu langkah untuk mempermudah konektivitas transportasi di Yogyakarta," imbuhnya.

Pjs General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menambahkan, bandara YIA resmi melayani penerbangan komersial mulai 6 Mei 2019 dengan maskapai Citilink rute Halim Perdanakusumah Jakarta (HLP)-YIA sebanyak satu kali sehari.

Mulai 29 Mei, maskapai Batik Air menambah rute penerbangan dari YIA ke Palangka Raya sebanyak satu kali sehari pukul 09.50 WIB dan Palangka Raya-YIA pukul 12.00 WIB.

Untuk rute YIA- Cengkareng sebanyak dua kali sehari pada pukul 06.10 dan 14.10 WIB, dan Cengkareng-YIA pukul 08.00 dan 16.00 WIB.

Untuk ke depannya, mulai 1 Juni 2019 Batik Air akan menambah rute dari YIA ke Samarinda pukul 05.30 WIB dan Samarinda-YIA pukul 17.20 WITA, serta rute YIA ke Denpasar pukul 12.20 WIB dan Denpasar-YIA pukul 11.30 WITA. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed