Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 13:15 WIB

Rest Area Penuh, Pemudik Jangan Istirahat di Bahu Jalan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Abdurrosyid
Jakarta - Pemerintah mengimbau agar pemudik tidak memaksakan diri untuk istirahat di dalam jalan tol saat rest area penuh. Pemudik dianjurkan untuk beristirahat di luar jalan tol saat kondisi tersebut.

Pasalnya, menurut Koordinator Harian Posko Mudik Kementerian Perhubungan Arif Toha jumlah kendaraan dengan ketersediaan rest area masih dinilai belum cukup ideal.

"Memang (rest area) belum bisa dikatakan ideal mengikuti jumlah traffic dan ketersediaan. Maka dianjurkan apabila kondisi rest area sudah tidak bisa menampung ya keluar tol aja, teman-teman di lapangan juga akan mengarahkan itu," kata Arif di Posko Mudik Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (31/5/2019).


Sebelumnya, Arif mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan laporan bahwa banyak pemudik yang memaksa beristirahat di dalam jalan tol saat rest area penuh. Alhasil, para pemudik hanya memarkirkan kendaraannya saja di bahu jalan untuk beristirahat.

"Informasinya ada beberapa rest area penuh dan akhirnya pemudik berhenti di pinggir jalan sehingga mengganggu, dan mengurangi kapasitas kelancaran lalu lintas," kata Arif.

Belum lagi apabila melihat rest area di sepanjang tol Trans Sumatera yang kebanyakan masih fungsional, Arif juga mengarahkan agar masyarakat tidak memaksakan diri beristirahat dalam tol.


"(Rest Area) Tol di Sumatera memang fungsional ya, sama anjuran kalau memang penuh ya keluar aja dulu," kata Arif.

Pihak Kemenhub sendiri kata Arif mengantisipasi masalah ini dengan berkoordinasi dengan Kepolisian dan pihak operator tol.

"Teman-teman dari kepolisian dan Jasa Marga serta operator tol yang lakukan penanganan. Mereka mengimbau dan arahkan untuk semuanya (yang parkir di bahu jalan) keluar," sebut Arif. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com