Hati-Hati Pemudik! Ini Ruas Jalan yang Masih Belum Mulus

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 31 Mei 2019 15:52 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Jakarta - Mendekati lebaran, pemudik mulai memadati jalan-jalan untuk menuju kampung halaman masing-masing. Baik jalan tol maupun jalan non tol pun diserbu pemudik.

Jalan yang dilalui pun tak semuanya mulus. Beberapa jalan ternyata ada yang masih kurang bagus dan masih rusak bahkan berlubang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan bahwa masih ada beberapa jalan yang masih rusak. Salah satunya di Jawa, menurut Budi ada beberapa titik di sekitar daerah Prupuk, Bumi Ayu, dan Ajibarang sedang diperbaiki jalannya.

"Jalan rusak di jalan nasional di Jawa itu menurut saya nggak banyak ya, sedikit bergelombang pasti ada lah. Tapi ada yang sedang diperbaiki sama PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) di arah Prupuk-Bumi Ayu-Ajibarang," kata Budi kepada detikFinance, Jumat (31/5/2019).


Budi menyampaikan jalan yang sedang diperbaiki tersebut sedang dikebut untuk selesai dan difungsikan selama lebaran.

"Itu sedang dikebut sama PUPR, penyampaiannya mereka bilang sudah bisa difungsikan sebelum lebaran. Tinggal dua titik aja antara Bumi Ayu ke Ajibarang, itu yang di Jawa deket Brebes," papar Budi.

Beralih ke Sumatera, menurut penjelasan Budi ada jalan yang masih rusak di Gerbang Tol Terbanggi Besar, menurutnya kerusakannya cukup parah dengan lubang-lubang besar. Namun menurut Budi, jalan itu sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

"Kalau di Sumatera itu ada di exit toll Terbanggi Besar itu keluarnya langsung jalan provinsi lobang-lobang jalannya, kemarin waktu rapat saya sampaikan sama provinsi, akhirnya Balai Jalan Lampung langsung turun sudah diuruk, saya rasa sudah bagus," jelas Budi.

Selain itu masih di Sumatera, Budi mengatakan ada jalan yang hingga saat ini masih digarap oleh Kementerian PUPR. Kemungkinan, jalan ini akan telat penyelesaiannya dari target lebaran.

"Lalu ada di dekat Palembang-Betung itu masih diperbaiki sama PUPR. Ya memang ada keterlambatan dari targetnya yang lebaran, itu karena memang lelang yang panjang prosesnya," kata Budi.


Budi sendiri memastikan bahwa jalan-jalan yang dia sebutkan bisa digunakan selama musim mudik lebaran. Untuk itu dia mengimbau kewaspadaan dan kehati-hatian masyarakat yang melewati jalur yang masih belum optimal.

"InsyaAllah bisa dipakai semua, kalau jalan tol semua aman ya. Paling ya kami imbau pemudik lebih berhati-hati dan waspada aja ya kalau lewati titik itu," kata Budi.



Tonton video Buka Rute Baru, Damri Kendari Siapkan 23 Armada untuk Pemudik:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)

Tag Terpopuler