Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 02 Jun 2019 19:43 WIB

Tol Cijago Seksi II Rute Raya Bogor-Kukusan Dibuka Fungsional Besok

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Ditjen Bina Marga PUPR. Foto: Dok. Ditjen Bina Marga PUPR.
Jakarta - Ruas tol Cinere-Jagorawi atau Cijago Seksi II Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 km dibuka fungsional mulai besok, Senin 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB. Tol ini bisa digunakan pemudik selama 8 hari hingga 10 Juni pukul 14.00 WIB.

Tol Cijago Seksi II yang merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 km yang sudah beroperasi dengan tarif Rp 4.500 untuk golongan I.

Pada keterangan resmi Kementerian PUPR yang ditulis Minggu (2/6/2019), ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama Tol Cijago Seksi II dibuka fungsional.


Untuk pergerakan lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, transaksi pembayaran dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay), yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.

Untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda yang akan menuju arah Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3.

Khusus untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas arah Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memperhatikan keutamaan pelayanan lalu lintas jarak jauh, sehingga pada Seksi Raya Bogor-Kukusan ini belum dikenakan tarif tol alias gratis.


Untuk mendukung arus mudik, dilakukan pemasangan marka jalan, rambu lalu lintas, reflektor jalan tol, serta petugas yang berjaga selama jalan tol ini digunakan secara fungsional saat arus mudik lebaran.

Selain itu, juga telah dilakukan koordinasi bersama Korlantas Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus kendaraan di jalan tol ini. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com