LRT Jakarta Tak Kunjung Operasi, Ini Sebabnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Jun 2019 14:06 WIB
LRT Jakarta/Foto: 20detik
Jakarta - Kereta ringan LRT Jakarta menghubungkan Kelapa Gading-Velodrome tak kunjung beroperasi hingga saat ini. LRT ini mulanya ditargetkan operasi pada Asian Games atau Agustus 2018 lalu, namun beberapa kali mundur hingga dijadwalkan pada Mei 2019.

Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin buka suara mengenai hal tersebut. Dia menjelaskan, untuk pembangunan sebenarnya sudah selesai.

Namun, dia bilang, saat ini sedang dalam tahap pengecekan. Kemudian, dia menambahkan, LRT ini akan terintegrasi dengan moda transportasi lain yakni TransJakarta sehingga, sistem antar moda perlu diintergrasikan. Hal ini menjadi penyebab LRT Jakarta belum beroperasi.

"Masih proses semua. Pertama, selain pengecekan semua kalau secara membangun sudah selesai. Kita maunya ada manfaat lain integrasi TransJakarta. Kita sudah per hari sudah selesai sebetulnya, jembatan koneksinya, jadi kan nanggung, disiapkan semua dulu," katanya kepada detikFinance, Selasa (6/5/2019).


"Kita mau juga integrasinya tidak setengah-setengah termasuk sistem gate-nya harus disiapin," tambahnya.

Dia menuturkan, sistem yang perlu diintegrasikan terkait dengan sistem tiket.

"Jadi lebih ke persiapan integrasi utamanya. Kita mau saat operasi tidak melayani sampai Velodrome-Rawamangun tapi sampai Dukuh Atas dengan busway. Sistem ticketing lah," jelasnya.


Meski begitu, Iwan belum bisa memastikan kapan moda transportasi ini akan beroperasi. Yang jelas, segala persiapan tengah dilakukan.

"Kalau jadwal pasti belum, kita masih komunikasi terus, kita lagi persiapan semua," tutupnya.


Simak Juga "Kang Emil akan Integrasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT":

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)