Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Jun 2019 20:10 WIB

Mudik 2019 Lancar, Menteri PUPR: Alhamdulillah, Akhirnya Bermanfaat

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURP) Basuki Hadimuljono mengaku puas dengan lancarnya mudik Lebaran tahun ini. Khususnya mudik melewati jalan tol Trans Jawa yang sudah gencar dikebut pembangunannya dalam lima tahun terakhir.

"Alhamdulilah setelah ada kritikan juga akhirnya bisa bermanfaat. Saya kira sudah banyak disampaikan media (laporan pelaksanaan mudik), angka kecelakaan sudah turun karena motor kurang, one way sistem berfungsi, prasarana cukup," katanya saat ditemui di kediaman Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Tol Trans Jawa diketahui mengalami berbagai kritikan dalam masa pembangunannya, terutama saat masa mudik menjelang. Setelah sempat dilanda tragedi brexit (Brebes Exit), penggunaan tol darurat, hingga akhirnya beroperasi secara penuh, dia pun puas hasil kerjanya memberi manfaat.



Basuki sendiri berencana untuk mudik ke Semarang pada Kamis besok. Sambil menyelam minum air, Basuki ternyata juga akan melakukan inspeksi di jalur Trans Jawa yang dilewatinya.

Basuki mengatakan inspeksi tersebut akan dilakukan saat arus balik, yakni Sabtu (8/6) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rute inspeksi dimulai dari Madiun-Semarang-Jakarta.

"Nanti dengan Pak Menhub hari Sabtu-Minggu dari Madiun-Semarang. Semarang ke Jakarta. Berangkat nggak lewat Trans Jawa, baliknya baru lewat sekalian inspeksi," ungkap dia di

Basuki juga akan bersilaturahmi dan melaksanakan tradisi nyekar saat mudik ke kampung halamannya.

"Besok pagi (nyekar) orang tua dimakamkan di Semarang. Selain itu, kumpul sama anak, sama istri maaf-maafan, nyekar," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com