Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Jun 2019 10:05 WIB

Seharian di Tol Pengin Istirahat? Cek di Sini Tipe-tipe Rest Area

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Rest Area KM 429 SemarangFoto: (Aji Kusuma/detikcom) Rest Area KM 429 SemarangFoto: (Aji Kusuma/detikcom)
Jakarta - Pemerintah bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melakukan sejumlah persiapan dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus mudik 2019. Salah satu upaya yang dilakukan ialah menyiapkan pelayanan ketersediaan Tempat Istirahat atau biasa dikenal sebagai Rest Area di jalan tol.

Rest area menjadi titik pemberhentian para pemudik untuk melepas lelah di perjalanan. Kehadiran rest area ini terbagi menjadi tiga tipe, yaitu rest area tipe A, B, dan C yang masing-masing memiliki fasilitas pendukung yang telah siap digunakan.

Dikutip dari keterangan resmi BPJT, Rabu (5/6/2019), setidaknya ada 75 unit rest area di jalan tol Trans Jawa yang tersebar di setiap titik pemberhentian dari Merak hingga Surabaya. Masing-masing ada 32 rest area Tipe A, 22 rest area Tipe B, dan 21 rest area Tipe C.

Di tol Trans Sumatera hanya rest area Tipe C karena sejumlah ruas masih bersifat fungsional. Di antaranya di ruas Bakauheni - Terbanggi Besar terdapat 6 rest area, ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung terdapat 6 rest area, dan di ruas Tol Medan

Mau tahu seperti apa rest area tipe A, B, dan C? Apa saja fasilitasnya? Baca penjelasannya di sini:

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com