Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Jun 2019 15:05 WIB

Pemerintah Klaim One Way Atasi Macet di Tol saat Mudik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Imam Suripto/detikcom Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenub) mengklaim kemacetan di Lebaran tahun ini berkurang. Hal ini karena kebijakan one way dan contra flow jalan tol Trans Jawa.

Direktur Jenderal Hubungan Darat Budi Setyadi mengatakan dengan tol yang menghubungkan Barat dan Timur pulau Jawa memudahkan mobilitas para pemudik. Ia mencontohkan kemacetan yang biasa terjadi di Jombang, Jawa Timur.

"Daerah Timur nggak ada. Dulu sempat jadi tempat kemacetan sepanjang masa Lebaran seperti Jatim, Jombang itu arteri itu sudah nggak terjadi lagi karena lewat jalan tol," kata Budi kepada detikFinance, di Jakarta Kamis (6/6/2019).


Budi melanjutkan, untuk kemacetan di jalur Trans Jawa bagian Barat bisa ditekan karena ada sistem one way. Sedangkan di jalur Tengah, seperti arah Semarang ke Salatiga dibikin contra flow.

"Jakarta-Cikampek itu ok ya, karena memang one way dan menyebar. Kemudian dari Semarang ke Salatiga ada sedikit antrean juga makanya tadi buat contra flow oleh Polda Jateng," paparnya.

Sementara itu, ia juga menegaskan lancarnya arus mudik tahun ini juga didukung oleh perilaku masyarakat yang mentaati saran dari pemerintah.


"Masyarakat merasakan mudik bisa lebih cepat karena memang ketersediaan dari infrastruktur jalannya, kedua adalah kita antisipasi pola dan manajeman lalu lintas, dan juga masyarakat sekarang yang mulai mendengarkan, melihat, respons kebijakan pemerintah," tutup dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com