Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 14:47 WIB

Dari Tol Bawen dan Solo bakal Bisa Keluar di Yogya

Ristu Hanafi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Sleman - Dua pintu exit tol segera dibangun di Kabupaten Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Dua exit itu tersambung dari ruas jalan tol Bawen dan tol Solo di Jawa Tengah.

"Dari DED-nya, dua exit tol akan dibangun di Mlati dan Depok, desainnya begitu," kata Kepala Bappeda Sleman, Kunto Riyadi saat dihubungi detikcom, Rabu (12/6/2019).

Kunto menjelaskan, exit tol yang bakal dibangun di Mlati terhubung dengan ruas tol Bawen-Semarang. Sedangkan exit tol di Depok terhubung dengan tol Solo. Mengacu kepada DED, lanjut Kunto, dua exit tol itu nantinya bakal langsung terhubung dengan ruas ring road utara Yogya.

"Dari exit tol Mlati nanti ke utara, ke barat kemungkinan sampai Kulon Progo, dan tembus Borobudur langsung ke Bawen. Kalau yang di Maguwo (Depok) itu yang ke Solo, Boyolali. Nanti jalannya kemungkinan elevated karena melewati wilayah Prambanan," jelasnya.


"Untuk dalam kota, dari dua exit tol itu terhubung dengan ring road," sambungnya.

Proyek exit tol bakal dikerjakan oleh pemerintah pusat. Pemkab Sleman hanya dilibatkan dalam rapat koordinasi, membantu sosialisasi dan pembebasan lahan.

"Secara teknis nanti kewenangan pusat pelaksanaannya, Kementerian PUPR di Direktorat Bina Marga dan ada subdirektorat yang ngurus jalan tol. Kita di kabupaten sebatas ikut rapat koordinasi, sosialisasi, dan membantu jika ada pembebasan lahan juga, tapi pendanaan di pusat," terangnya.


"Kalau DED sudah jadi, kemungkinan sudah fix. Saat ini masuk tahap feasibility study, sudah sepertinya. Ini tinggal menunggu lelang siapa yang akan mengerjakan proyek," imbuhnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com