Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 15 Jun 2019 21:35 WIB

Ditarget Kelar 2021, Progres Kereta Cepat JKT-BDG Kini 21%

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. KCIC Foto: Dok. KCIC
Jakarta - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Progresnya hingga minggu kedua Juni 2019 sudah mencapai 21,1%. Kereta cepat ini ditargetkan siap beroperasi di 2021.

"Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sampai dengan minggu kedua Juni telah mencapai 21,1%," kata Manajer PR & CSR PT KCIC Deni Yusdiana kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Dia mengatakan, dari total 298 titik yang sudah diserahterimakan atau Site Hand Over (SHO), 115 titik di antaranya sudah mulai tahap konstruksi.

"Sudah ada 32 titik konstruksi yang dikerjakan secara massif, 42 titik dalam proses awal konstruksi, dan 41 titik sedang dalam pekerjaan persiapan, seperti pematangan lahan dan pemagaran," jelasnya.



Dari 32 titik yang secara masif sedang dikerjakan, salah satunya adalah Tunnel Walini. Catatan detikFinance, pengerjaan proyek ini memakan waktu 15 bulan untuk tunnel dengan panjang 608 meter. Ini merupakan tunnel pertama dari 13 tunnel yang berhasil ditembus.

Lanjut dia, 183 titik lainnya oleh pihak kontraktor yang tergabung dalam High Speed Railway Construction Consortium (HSRCC) sedang melakukan sejumlah proses kegiatan.

"183 titik lainnya, oleh pihak HSRCC saat ini sedang dalam proses review construction drawing, relokasi utilitas serta beberapa baru diserahterimakan," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com