Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 16 Jun 2019 22:29 WIB

Akan Ada Bus yang Antar Warga Yogya ke Bandara Kulon Progo

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Yogyakarta - Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya akan ada angkutan bus yang menghubungkan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo dengan Terminal Giwangan Yogyakarta. Moda transportasi ini akan melengkapi keberadaan kereta bandara.

"Kita itu mau membuat angkutan dari (YIA) Kulon Progo ke (Terminal) Giwangan ya. Jadi ada bus khusus," jelas Budi, sapaan akrabnya kepada wartawan, Minggu (16/6/2019).

Hal itu disampaikan Budi usai meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (16/6/2019). Turut hadir saat peninjauan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.
Budi menerangkan, nantinya akan ada berbagai moda transportasi massal menuju YIA. Selain kereta bendara yang kini sudah tersedia, juga akan ada bus khusus.

"Itu nanti kombinasi dengan angkutan kereta api (kereta bandara). Angkutan kereta apinya dari (YIA) Kulon Progo ke (Stasiun) Lempuyangan, busnya dari (YIA) Kulon Progo ke (Terminal) Giwangan," tuturnya.

Ia menilai keberadaan angkutan bus yang menghubungkan YIA dengan Terminal Yogyakarta penting untuk memperlancar mobilitas pengakses bandara. Apalagi angkutan bus dinilai lebih fleksibel.

"Kalau keuntungan bus ini kan bisa berhenti di beberapa tempat, kalau kereta api kan jalurnya lain," sebutnya.
Untuk merealisasikan angkutan bus YIA Kulon Progo-Terminal Giwangan Yogyakarta, Budi berharap peran aktif pemerintah daerah termasuk Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Jadi itu konsep angkutan massal yang memang menjadi suatu konsep kita. Mudah-mudahan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah ini menjadi suatu kebaikan," pungkas Budi. (ush/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com