Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Jun 2019 12:27 WIB

Runway Ketiga Soetta Bisa Digunakan Mulai Juli 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan landasan pacu alias runway ketiga Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sudah bisa dioperasikan pada Juli 2019. Hal itu diungkapkannya usai melakukan tinjauan lapangan pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6/2019).

Dia bilang proses pembangunan saat ini sudah mencapai 86% dan diharapkan pada akhir Juni telah mencapai 100%.

"Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasionalkan. Secepat-cepatnya mungkin Juli lah sudah dioperasionalkan," kata Jokowi.

Dengan beroperasinya landasan pacu ketiga ini, kata Jokowi bisa menampung permintaan tambahan slot penerbangan dari para maskapai. Sebab, beroperasinya runway ketiga ini membuat pergerakan pesawat bertambah menjadi 120 pergerakan/jam dari yang sekarang 81/jam.



"Permintaan-permintaan dari maskapai dari negara lain yang sudah antre banyak sekali. Saya sendiri sering, dari Saudi, dari India, Singapura, Malaysia, China, Jepang semuanya pengin masuk tapi penuh slotnya," jelas Jokowi

"Nah sekarang ini lah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soetta lagi," tambahnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, dengan beroperasinya landasan pacu ketiga di Bandara Soekarno Hatta juga membuat pesawat lebih efisien ketika saat mendarat. Pasalnya, sebelumnya banyak pesawat yang harus menempuh waktu perjalanan menjadi lebih lama ketika ingin menuju terminal.

"Dan kita harapkan juga tidak seperti yang kemarin-kemarin. Mau turun muter setengah jam. Nggak ada setelah ini rampung. Insyaallah sudah nggak ada. Artinya tambahan kapasitas yang besar ini langsung ketutup. Karena antrenya memang sudah lama sekali," ungkap Jokowi.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com