Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Jun 2019 12:54 WIB

Runway Ketiga Soetta Rampung, Jokowi: Setelah Ini Terminal 4

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi/Terminal 3 Bandara Soetta/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Terminal 3 Bandara Soetta/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memberikan target kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut PT Angkasa Pura II untuk segera merealisasikan pembangunan terminal keempat di Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini berbarengan dengan selesainya pengerjaan runway ketiga Bandara Soetta yang akan dioperasionalkan pada Juli 2019. Pembangunan runway ketiga saat ini sudah mencapai 86% dan akhir Juni mencapai 100%.

"Setelah ini kita akan masuk kepada tambahan kapasitas lagi untuk terminal. Sudah 2 tahun lalu saya perintahkan ke menteri, ke pak dirut untuk siapkan perencanaan terminal keempat," kata Jokowi usai melakukan tinjauan lapangan pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6/2019).



Jokowi bilang, proses pembangunan terminal keempat Bandara Soekarno Hatta diharapkan bisa dimulai pada 2021.

"Ini sudah mulai gambar-gambat desain sudah. Kita harapkan di 2021 terminal keempat juga sudah dibangun lagi. 3 tahun rampung, kapasitas 35 juta," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan, jika terminal keempat beroperasi nantinya Bandara Soekarno Hatta mampu menampun 110 juta penumpang. Dia menjelaskan, pengerjaan beberapa infrastruktur kebandaraan demi mengantisipasi perkembangan industri penerbangan nasional yang begitu pesat.

"Ini memang pertumbuhan penerbangan kan cepat sekali. Kalau pembangunan runway dan pembangunan East Cross Taxiway nggak dikejar, pembangunan terminal nggak dikejar, sama saja nanti keduluan lagi. Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada," ungkap dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com