Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Jun 2019 10:46 WIB

Peralihan Penerbangan dari Bandung ke Kertajati Dimulai Hari Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kertajati - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati (KJT) pagi ini resmi melayani pendaratan dan penerbangan perdana pesawat bermesin jet komersil dalam rangka penataan rute yang sebelumnya terjadwal di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO).

Pantauan detikFinance di lokasi, Minggu (30/6/2019), pendaratan perdana dilakukan oleh pesawat AirAsia yang terbang dari Bali. Begitu pun penerbangan perdana dilakukan pesawat AirAsia dengab tujuan Bali.

Penerbangan Bali-Kertajati bernomor QZ 720 yang berangkat pukul 7:10 WIB dan tiba pada 8:00 WIT. Sedangkan sebaliknya, Kertajati-Denpasar bernomor QZ 721 berangkat pukul 8:25 WIT dan tiba pukul 11:15 WIB setiap harinya.

Pada hari ini tercatat jumlah penumpang yang mendarat sebanyak 133 orang. Rinicannya, 110 penumpang dewasa, 20 penumpang anak-anak, dan 3 penumpang infant (hamil). Sedangkan yang berangkat menuju Bali sebanyak 143 orang. Rinciannya 124 penumpang dewasa, 17 penumpang anak-anak, dan 2 infant (hamil).

Ada sebanyak lima pergerakan pesawat yang melakukan pendaratan dan terbang dari Bandara Kertajati, yaitu AirAsia dengan tujuan Bali-Kertajati dan Kertajati-Bali, Garuda Indonesia tujuan Bali-Kertajati (hanya mendarat), Lion Air tujuan Pontianak-Kertajati (hanya mendarat), dan Lion Air tujuan Lombok Praya-Kertajati.

Dapat diketahui, Kementerian Perhubungan memutuskan penataan sebagian rute penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Kertajati berlaku efektif pada tanggal 1 Juli 2019.

Tercatat sebanyak 13 rute penerbangan dengan tujuan ke luar Pulau Jawa, sehingga Bandara Kertajati akan melayani 56 penerbangan yang terdiri dari 28 keberangkatan dan 28 kedatangan.

Khusus AirAsia Indonesia memang memutuskan untuk mempercepat satu hari pelayanan penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati dari waktu yang diputuskan Kementerian Perhubungan.

Simak Video "Sepinya Bandara Bandung Setelah Penerbangan Dialihkan ke Kertajati"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com