Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 12:46 WIB

LRT Jakarta Uji Coba Terus, Jakpro: Insyaallah Ini yang Terakhir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Moda lintas rel terpadu (LRT) masih melakukan uji publik hingga hari ini. Namun, pengoperasian penuh secara komersial masih belum berjalan.

Uji publik yang dilakukan hari ini pun bukan yang pertama kali, sebelumnya sudah ada beberapa uji publik yang dilakukan. Namun, yang kali ini masyarakat secara lebih luas berkesempatan menjajal LRT.

Meski begitu, titik cerah komersialnya LRT Jakarta diungkapkan oleh Direktur Proyek LRT Jakpro Iwan Takwin. Iwan menyebutkan bahwa bisa saja uji publik yang dilakukan sekarang akan menjadi uji coba pengoperasian yang terakhir menuju operasi komersial.


"Iya jelas target kita kan memang ke sana (operasi komersil), otomatis kesana. Insyaallah ini (uji coba) yang terakhir, kalau kapannya yang berhak tentukan itu Pemprov (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)," kata Iwan.

Menurutnya, pihaknya hinggi kini masih melakukan uji coba seluruh proyek LRT untuk memastikan kinerja LRT saat dioperasikan secara penuh dan komersial.

"Kita pastikan semua selesai dulu, dan uji coba comissioning test mulai peralatan sistem dan lain-lain, sehingga saat operasi penuh bisa lancar tanpa gangguan apa-apa," ungkap Iwan.


Sebelumnya, transportasi yang satu ini awalnya ditarget bisa beroperasi saat Asian Games 2018, namun saat itu pembangunannya belum selesai. Padahal salah satu stasiunnya berada persis di samping arena balap sepeda Velodrome Rawamangun yang digunakan untuk Asian Games 2018 lalu.

Simak Video "LRT Jakarta Resmi Beroperasi Mulai 1 Desember, Tiketnya Rp 5.000"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com