Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 10:54 WIB

Tol Manado-Bitung Masih Terkendala Pembebasan Lahan 13 Km

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Ray Jordan
Manado - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Tol Manado-Bitung hari ini. Dalam kesempatan itu Jokowi mengatakan proyek ini masih terhambat pembebasan lahan.

"Ini tol Manado-Bitung, lapangannya masih kurang 13 kilometer (km) yang pembebasan, tapi proses berjalan," kata Jokowi di sela-sela kunjungannya, Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Jokowi mengaku telah meminta PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola proyek untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dia bilang jalan tol ini akan tersambung pada April 2020.

"Ya ada, ini memang tadi sudah perintahkan kerja sama ke dirut (direktur utama) untuk diselesaikan," kata Jokowi.


"Kemarin sudah disampaikan akhir tahun lah. tapi kelihatannya, Bu Dirut minta mundur. Kan 13 kilometer tadi (belum dibebaskan). Maksimal-maksimal Maret-April. Insyallah Maret-April," sambungnya,

Jokowi mengatakan jalan tol ini nantinya dapat mendukung sektor pariwisata hingga industri setempat. Jalan Tol Manado-Bitung ini juga dapat menjadi akses untuk kawasan ekonomi khusus (KEK) di sana.

"Bisa nanti larinya ke pariwisata, bisa nanti ke industri. Nah pariwisata nanti yang di Pulau Lembeh. itu nanti menjadi titik pariwisata baru di Bitung. Meski industri, khusus perikanan akan... dan KEK nanti juga berhubungan dengan pelabuhan. Ini untuk men-trigger pertumbuhan ekonomi di Bitung, KEK di Bitung berkembang. Karena tanpa itu, sulit," tutur Jokowi.



Simak Video "Keterlaluan! Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com