Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 16:00 WIB

Jokowi Belum Resmikan Bandara Kulon Progo, Ini Alasannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Yogyakarta - Bandara Kulon Progo atau Yogyakarta International Airport (YIA) sampai saat ini belum diresmikan. Padahal direncanakan sebelumnya bandara ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 April lalu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menjelaskan konstruksi yang belum selesai menjadi alasan peresmian ditunda.

"Kenapa nggak diresmikan? Ya karena memang belum selesai konstruksinya, selesai kan Desember," kata Faik saat ditemui di Bandara Kulon Progo, Jumat (5/7/2019).


Hingga kini pun, konstruksi Bandara Kulon Progo baru 65% saja. Faik menyebutkan targetnya bandara ini akan selesai 100% pada akhir tahun ini. Usai selesai konstruksinya menurut Faik baru presiden bisa meresmikan bandara ini.

"100%-nya nanti kita akan targetkan selesai di Desember 2019. Kita harapkan Desember sudah selesai (konstruksinya), jadi presiden bisa resmikan Insyaallah tercapai," kata Faik.

Untuk informasi, pembangunan Bandara Kulon Progo menelan biaya sebesar Rp 10,9 triliun. Jumlah tersebut gabungan dari biaya konstruksi sebesar Rp 6,7 triliun dan sisanya untuk pembebasan lahan sebesar Rp 4,2 triliun.

"Total investasi untuk tanah Rp 4,2 triliun, terminal sama air sight-nya sekitar Rp 6,7 triliun yang sudah kita keluarkan keseluruhan Rp 5,5t, nanti tinggal sisanya aja bertahap nih," jelas Faik.




Tonton Video Jokowi akan Bangun Terminal Baru Bandara Manado:

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi Belum Resmikan Bandara Kulon Progo, Ini Alasannya



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com