Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Jul 2019 17:00 WIB

Jalan Brigif Sempit, Tol Desari Dibuka Sampai Krukut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Tol Depok Antasari (Desari) fase IIA yang hubungkan Brigif Krukut sudah dibuka dan dilewati kendaraan. Alasannya, karena hampir setiap hari jalan Brigif yang sempit sebagai pintu keluar tol mengalami kepadatan.

Project Manager Pembangunan Tol Desari, Widajanto mengungkapkan untuk mengatasi kemacetan di gerbang keluar tol Desari yang terletak di Brigif, pihaknya membuka jalan tol Desari sampai Krukut.

"Itu maksudnya sebagai lajur membantu pelayanan kepada pengguna jalan yang keluar dari Brigif dan alami kepadatan, karena jalan dibawah itu sempit. Jadi beda sama uji coba yg sifatnya menyeluruh, ini hanya kebijakan temporary saja," kata Widajanto kepada detikFinance, Senin (8/7/2019).


Widajanto mengatakan memang pembukaan jalur Brigif Krukut hampir setiap hari dilakukan. Biasanya, pembukaan dilakukan setiap jam 4/5 sore.

"Ya kalau situasinya tergambar setiap hari ya, sekitar jam 4 jam 5 terjadi penumpukan kan ya kita buka, kalau lengang kita tutup lagi. Nggak kayak uji coba yang 24 jam dibuka penuh," ungkap Widajanto.

Widajanto juga mengatakan pihaknya sudah melaporkan hal ini ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jadi bagi, pengguna jalan yang ingin menuju ke Krukut bisa keluar lebih dari gerbang Brigif, dengan catatan kalau jalan di bawah tol Brigif padat.

"Sesuai fungsi yang kami laporkan ke kementerian (PUPR), ini ada konstruksi yang selesai dibangun 2 km, jadi kami konsultasi untuk dapatkan dispensasi kalau sewaktu dibawah padat kita alirkan agar lancar. Jadi bagi pengguna yang lebih ke selatan lagi dari Brigif bisa keluar di Krukut, dengan catatan dibawah padat," tambahnya.

Pantauan detikFinance di lokasi Tol Desari, hingga kini memang jalan tol sudah siap dipakai. Tidak banyak lagi pengerjaan yang dilakukan sekitar jalan tol.

Konstruksi jalan tol pun terlihat apik dan sudah rapih menunggu untuk dilintasi. Bahkan, sudah ada jalan keluar dari tol menuju daerah Krukut yang diarahkan lewat sekitar Perumahan Cinere Parkview.


Widajanto sendiri mengatakan, secara konstruksi jalan tol di Krukut memang sudah siap digunakan. "Kalau secara pemenuhan keselamatan jalur tol yang dibangun ada marka, rambu, ada penerangan, ada bangunan pengaman jalan, saluran, itu udah siap digunakan kalau yang Krukut ya," katanya.

Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com