Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 15:14 WIB

Proyek Tol BORR Seksi 3A Ambruk, Gara-gara Dikebut?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Antara Foto/Arif Firmansyah. Foto: Antara Foto/Arif Firmansyah.
Jakarta - Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) menilai ada kesan terburu-buru dalam pengerjaan proyek jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sehingga mengalami kecelakaan konstruksi pada hari ini.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Gapensi Andi Rukman menilai, jika pembangunan proyek dikebut bakal menyebabkan kecelakaan pada proyek lantaran terjadi kelalaian dalam prosesnya.

"Artinya pertama, selain mengejar target tapi lagi-lagi mengedepankan keselamatan kerja dan kualitas. Jadi tujuannya ingin percepatan, tapi pertama harus menjaga kualitas dan keselamatan kerja, tidak boleh dilalaikan," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

"Sering kita minta jangan terlalu mengejar target untuk percepatan tapi melalaikan keselamatan kerja," lanjutnya.


Menurut dia kejadian tersebut memang karena kelalaian manusianya yang menggarap proyek tersebut. Dia menilai ada prosedur yang tidak dipenuhi.

"Jadi lagi-lagi ini kejadian pada human error, kelalaian. Jadi kenapa pentingnya konsultan itu harus hadir sebelum mulai pekerjaan, itu pelaksanaan untuk mengecek persiapan-persiapan itu," jelasnya.

Konsultan ini bertugas untuk memastikan pekerjaan proyek sesuai dengan pedoman yang ada guna memastikan keselamatan kerja.


"Jadi mereka harus melaksanakan pekerjaan sesuai metode kerjanya. Cara pengecoran seperti ini metodenya seperti ini kan, bobotnya seperti ini, nah (misalnya) ini bobotnya nggak boleh lebih sekian ton. Kalau naikkan bobot sekian ya pasti roboh," tambahnya.



Tonton Video Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, 2 Pekerja Terluka:

[Gambas:Video 20detik]

Proyek Tol BORR Seksi 3A Ambruk, Gara-gara Dikebut?


Simak Video "Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, 2 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com