Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 19:00 WIB

Genjot Wisata Labuan Bajo, Menhub akan Percantik Bandara & Pelabuhan

Mega Putra Ratya - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mendukung infrastruktur pariwisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menhub mengatakan akan mempercantik bandara sampai pelabuhan di sana.

"Labuan Bajo salah satu Bali Baru bersama dengan Toba, Mandalika, Joglo Semar. Secara khusus Labuan Bajo mempunyai keunggulan yang luar biasa. Karena keindahan alamnya yang sangat luar biasa," Kata Menhub Budi, Rabu (10/7/2019).


Hal tersebut dikatakan oleh Menhub saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke NTT. Menurut Menhub, Labuan Bajo adalah salah satu Bali Baru yang akan dikembangkan dan dipromosikan sehingga menjadi salah satu pusat pariwisata yang ada di Indonesia.

Menhub menilai keindahan wisata Labuan Bajo ini juga didukung oleh culture masyarakatnya yang luar biasa. Sehingga infrastrukturnya perlu dipersiapkan lebih baik lagi.

"Yang paling bagus mereka di sini itu kompak mulai dari bandara, pelabuhan sampai dengan Pulau Komodo," ungkapnya.

Mantan Dirut AP II ini mengatakan Bandara Komodo Labuan Bajo akan menjadi bandara internasional. Bandara Komodo perlu pengelolaan yang unik sehingga menjadi konektivitas internasional.

"Sehingga secara langsung turis-turis akan banyak yang datang ke Labuan Bajo," tegasnya.

"Progresnya saat ini tengah finalisasi tender, dan kita akan tetapkan pada bulan Oktober ini. Pengelolaannya diperkirakan pertengahan tahun depan, runwaynya sudah 2.450 meter. Artinya, pesawat airbus 320 bisa landing secara penuh. Ultimate ini menjadi 3.000 meter," paparnya.

Selain itu, lanjut Budi, ada peningkatan dari kapasitas penumpang yang diharapkan lebih dari 3,5 juta penumpang.

"Bandara ini penting karena ini menjadi gerbang," tuturnya.


Budi menjelaskan setelah bandara, kemenhub akan merevitalisasi pelabuhan. Pelabuhan dinilai mampur menjadi magnet karena sudah ada kapal barang dan kapal penumpang.

"Ini yang perlu ditata. Agar produk wisata ini bisa menjadi lebih baik. Rencananya ada perpindahan barang, sehingga pelabuhan ini menjadi Tourism Port. Insya Allah dengan kegiatan yang terfokus bisa menjadi magnet. Karena pelabuhan ini adalah akses ke Pulau Komodo. Kami mendapat dukungan dari Gubernur untuk memindahkan pelabuhan barang," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Labuan Bajo adalah 4 dari 10 destinasi baru yang akan diprioritaskan.

"Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan udah rampung semua," kata Presiden Jokowi.



Tonton Video Jokowi Ingin Sulap Labuan Bajo Jadi Wisata Premium:

[Gambas:Video 20detik]

Genjot Wisata Labuan Bajo, Menhub akan Percantik Bandara & Pelabuhan


Simak Video "Kagumnya Menhub akan Taruna yang Go Green"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed