Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 21:15 WIB

Pengusaha Logistik Nilai Kehadiran Marunda Bisa Jadi Alternatif

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Pelabuhan KCN Marunda/Foto: Muhammad Idris/Detikcom Pelabuhan KCN Marunda/Foto: Muhammad Idris/Detikcom
Jakarta - Para pengusaha logistik mengaku terbantu dengan adanya keberadaan pelabuhan curah di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi menuturkan selama ini pelabuhan curah di Marunda cukup menarik sebagai alternatif bagi komoditas tertentu.

"Intinya sekarang (pelabuhan curah) sudah menjadi pilihan. Artinya, kalau jadi alternatif pilihan sudah terjadi shifting dari Tanjung Priok ke pelabuhan yang beroperasi di Marunda," kata Yukki saat dihubungi di Jakarta, Rabu (10/7/2019).


Terjadinya pergeseran ini bukan tanpa sebab. Kata Yukki, seiring berjalannya waktu, Pelabuhan Tanjung Priok kini sudah menjadi pelabuhan kontainer dan hub terminal sehingga konsumen curah jadi banyak beralih.

Di sisi lain, ruang gerak atau stockpile yang luas juga dibutuhkan untuk menopang aktivitas di pelabuhan curah. Oleh sebab itu, pelabuhan curah menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan.


"Selama alamiah, ini dilihat oleh swasta sebagai opportunity. Kalau dari perspektif logistik adanya persaingan/kompetisi itu sangat baik," jelasnya.

Ia pun berharap jika pelabuhan curah di Marunda ini dapat berkembang lebih baik lagi. Sebab, hal ini bisa memberikan dampak yang positif bagi para pengusaha logistik.

Simak Video " Pantai Marunda Penuh Sampah, Anies: Jangan Buang Sampah di Sungai"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed