Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 21:00 WIB

Banyak Operator Jajal Teknologi Bayar Tol Tanpa Setop

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah tahun ini mengumumkan banyak operator jalan tol yang menerapkan sistem multi lane free flow (MLFF) di tol atau pembayaran tol tanpa henti di gerbang tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, hal tersebut menunjukkan semakin siapnya teknologi baru diterapkan pada tahun depan.

"Sehingga harapan kita akhir tahun ini kerangka acuan untuk pelaksanaan MLFF tahun depan itu kita bisa susun," kata Danang di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Danang menyebut, operator jalan tol yang sudah menerapkan sistem bayar tol tanpa henti adalah Jasa Marga, Nusantara Infrastruktur, Astra, dan CMNP.

Untuk Jasa Marga, kata Danang, dari yang awalnya hanya diterapkan pada tiga gerbang tol, kini sudah mencapai 20 gerbang tol. Bahkan, manajemen ingin menerapkan pada 200 gerbang tol.


Untuk Astra sudah melakukan uji coba di gerbang tol ruas Tangerang-Merak. Sedangkan Nusantara Infrastruktur dan CMNP akan melakukan uji coba pada tahun ini.

"Mereka mengajukan satu-satu, Astra di Tengerang-Merak. CMNP kemungkinan di ruas mereka, kemungkinan Depok-Antasari. Nusantara kemungkinan akan di Makassar," ungkap Danang.

Menurut Danang, nantinya ada tiga jenis teknologi multi lane freeflow yang menjadi pilihan di antaranya Radio Frequency Identification (RFID), DSRC (dedicated short-range communication), dan Global Navigation Satellite System (GNSS).

"Semuanya siapa saja boleh bermain di situ, elektronik walet apa saja boleh, teknologi apa saja boleh masuk," jelas dia.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed