Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 14:37 WIB

Tol Cinere-Serpong bakal Pecah Kemacetan di JORR

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi jalan tol. Foto: Dok. Ditjen Bina Marga PUPR. Ilustrasi jalan tol. Foto: Dok. Ditjen Bina Marga PUPR.
Jakarta - PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) mengungkapkan bakal ada sekitar 30.000-40.000 kendaraan yang akan melintas pada ruas Tol Cinere-Serpong pada awal pengoperasiannya.

Direktur Teknik PT CSJ Yayan mengatakan jumlah kendaraan tersebut akan mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan wilayah sekitarnya.

"Kalau persentase kami relatif, paling tidak ekspektasi kita paling tidak di atas 30-40 ribu ekspektasi pertama, kendaraan yang paling tidak bukan hanya kendaraan yang di JORR tapi untuk melintas di luar JORR," ujar Yayan kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Dirinya pun berharap, selesainya Tol Cinere-Serpong diikuti dengan ruas-ruas lainnya yang tergabung dalam JORR 2, salah satunya Cinere-Jagorawi (Cijago). Pasalnya, jika Cijago beroperasi penuh maka Seksi II Cinere-Serpong bisa dioperasikan.


Hingga saat ini, PT CSJ melaporkan pengoperasian jalan tol hanya pada Seksi I yaitu dari Serpong ke Pamulang. Sebab, Seksi II Pamulang-Cinere belum bisa dioperasikan karena belum tersambung dengan Cijago.

Kepala BPTJ Danang Parikesit mengatakan, pihaknya akan mendorong pihak Cijago untuk segera menyelesaikan pembebasan lahan. Khusunya dari seksi yang tersambung dengan ruas Cinere-Serpong.

"Ya yang paling lambat dari Cijago, kita dorong lah, apalagi sudah ada dana talangan ini, kan fungsinya di tanah," ungkap Danang.

Berdasarkan data realisasi pembangunan jalan tol BPJT, ruas Cijago terbentang 14,7 km belum beroperasi secara menyeluruh. Tol yang dimiliki PT Translingkar Kita Jaya terdiri dari 3 Seksi. Hanya Seksi I dari Jagorawi-Raya Bogor yang sudah beroperasi.

Sedangkan Seksi II untuk ruas Raya Bogor-Kukusan masih dalam tahap pengerjaan fisik. Begitu juga degan Seksi III dari Kukusan-Cinere. Secara total progres pembebasan lahan tol dengan investasi Rp 2,99 triliun ini baru mencapai 73,75%.



Simak Video "Ini 14 Tol Baru Prioritas Jokowi di Periode Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed