Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 21 Jul 2019 15:41 WIB

Jokowi Minta Runway 3 Soetta Kelar Bulan Ini, Bagaimana Persiapannya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Menhuub Budi Karya Sumadi (Herdi Alif Alhikam/Detik) Foto: Menhuub Budi Karya Sumadi (Herdi Alif Alhikam/Detik)
Jakarta - Landasan udara alias runway ketiga Bandara Soekarno Hatta ditarget Presiden Joko Widodo bisa digunakan akhir bulan ini. Apakah siap?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebetulnya secara fisik runway tiga sudah bisa digunakan, namun hingga kini kata Budi pihak bandara masih melakukan penyempurnaan.

"Sebenarnya bisa (runway 3 operasi akhir Juli), tapi kita akan persiapkan. Saya pikir lebih baik kita sempurna," kata Budi saat meninjau Runway Tiga Bandara Soetta, Cengkareng, Minggu (21/7/2019).

"Kita masih mengkordinasikan dengan AirNav dan sebagainya untuk beberapa," tambahnya.



Budi mengatakan paling lambat runway tiga ini bisa digunakan pertengahan Agustus. "Kita akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus bisa beroperasi," tegasnya.

Budi menegaskan kembali secara fisik memang landasan ini sudah siap digunakan. Bahkan sudah ada beberapa pesawat yang melakukan kalibrasi berupa uji coba pendaratan di sana.

"Kalau fisik sebenarnya sudah siap. Pesawat landing sudah bisa, ada tes runaway ini, tadi kapten Iwan (pilot) menyatakan clear, tidak ada masalah, jadi secara teknis ini sudah bisa dipertanggung jawabkan," kata Budi.



Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan landasan pacu alias runway ketiga Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sudah bisa dioperasikan pada Juli 2019.

"Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasionalkan. Secepat-cepatnya mungkin Juli lah sudah dioperasionalkan," kata Jokowi saat melakukan tinjauan lapangan pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6/2019). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed