Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 09:28 WIB

Inikah Rute Masa Depan MRT Jakarta?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Moda raya terpadu atau yang biasa disingkat MRT Jakarta sudah beroperasi untuk rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Menjadi tulang punggung transportasi di Jakarta, ke depan MRT bakal dikembangkan secara menyeluruh melingkupi area Jabodetabek.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar sempat menjelaskan, pembangunan jalur MRT sepanjang 230 km akan dikebut hingga 2030 mendatang. Pembangunan jalur MRT 230 km itu akan dilakukan dengan pendekatan paralel alias secara bertahap dan berkelanjutan.

"Karena kan ada MRT line 1 sampai line 10 untuk 230 km. Itu sedang kita dibantu konsultan Jepang. Kemudian mendesain, keluar angka untuk Jakarta 230 km," ujarnya beberapa waktu lalu.

Lalu, di mana sajakah rute yang akan dilalui MRT pada masa mendatang tersebut?

Berdasarkan data yang diterima detikFinance, Selasa (23/7/2019), ada 10 line yang menjadi rute hasil kajian yang dilakukan oleh Jabodetabek Urban Transport Policy Integration Phase 2 (JUTPI 2). JUTPI Fase 2 adalah kerja sama teknis antara pemerintah Indonesia (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) dan pemerintah Jepang (Badan Kerjasama Internasional Jepang).


Proyek ini disetujui berdasarkan catatan diskusi proyek integrasi kebijakan transportasi perkotaan Jabodetabek fase II antara JICA yang diwakili oleh JICA Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Badan Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan fungsi institusi administratif dari sistem transportasi perkotaan dengan mempromosikan pengembangan kapasitas dan kerjasama antara organisasi terkait transportasi perkotaan di Jabodetabek dalam rangka pengembangan sistem transportasi umum perkotaan.

Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, rute ini masih dalam bentuk hasil kajian. Namun belum ada dasar hukum yang menetapkan hasil kajian ini menjadi landasan pembangunan MRT tahap selanjutnya.

"Yang baru pasti itu untuk rute Selatan-Utara dan Timur-Barat," katanya saat dihubungi detikFinance.

Berikut daftar 10 line MRT Jakarta yang mencakup target pembangunan 230 km jalur baru hingga 2030 mendatang:
  • Lebak Bulus-Ancol Barat
  • Cikarang-Balaraja
  • Bandara Soetta-Kampung Bandan
  • Cilincing-Lebak Bulus
  • Karawaci-Senayan-Cawang-Cikarang
  • Lebak Bulus-Rawa Buntu-Karawaci
  • Bekasi Utara-Bekasi Selatan
  • Pluit-Grogol-Kuningan-Depok
  • Outer loopline
  • Inner loopline

Inikah Rute Masa Depan MRT Jakarta?


Simak Video "Nyam! Menjajal Kuliner Pinggir Jalur MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com