Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 12:57 WIB

Berubah, LRT Jakarta Fase 2 Diusulkan ke Stadion Baru Persija

Eduardo Simorangkir - detikFinance
LRT Jakarta. Foto: Pradita Utama LRT Jakarta. Foto: Pradita Utama
Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah mulai melakukan soil testing di kawasan Sunter, Jakarta Utara sebagai awal pengerjaan fase dua LRT Jakarta. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/7/2019).

"Ini kegiatan soil test. Untuk data melakukan basic design," katanya.

Dia menjelaskan, pengerjaan soil testing ini dilakukan sebagai proses dari pengajuan izin trase yang akan disampaikan ke Kementerian Perhubungan. Dia bilang, dalam pengajuan izin trase ke Kementerian Perhubungan, diperlukan lampiran studi kelayakan dan design untuk rute ini.

"Ini belum memasuki tahap pembangunan atau konstruksi," katanya.


Dia menyebutkan rute yang akan dibangun untuk fase II mencakup jalur dari Kelapa Gading menuju kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS) di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rute tersebut berbeda dengan rute sebelumnya yang tercantum dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 211 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Prasarana dan Penyelenggaraan Sarana Kereta Api Ringan/Light Rail Transit yang ditandatangani Gubernur DKI saat itu Basuki T. Purnama pada 26 Oktober 2016.

Dalam rute yang lama sesuai Pasal 4 Bab III beleid tersebut, disebutkan pembangunan LRT meliputi jalur stasiun PRJ di Kemayoran dan Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun. Namun dalam perkembangannya, saat ini pembangunan akan diusulkan diperpanjang hingga ke JIS.

"Kalau tahap design, payung hukum/pergub belum ada. Tahap ini dilakukan untuk mengajukan izin trasenya ke Kemenhub," kata Iwan.

Sebelumnya diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang menginginkan kelanjutan pembangunan LRT Jakarta diteruskan ke JIS. Stadion yang diharapkan bisa menjadi kandang masa depan bagi Persija Jakarta tersebut juga direncanakan bakal terkoneksi dengan MRT.




Berubah, LRT Jakarta Fase 2 Diusulkan ke Stadion Baru Persija


Simak Video "Proses Administrasi jadi Pengganjal LRT Jakarta Beroperasi Komersial"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com