Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 13:32 WIB

Kapan LRT dari Gading ke Stadion Baru Persija Mulai Dibangun?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah melakukan soil testing atau pengecekan tanah untuk memulai pembangunan fase II LRT Jakarta. Fase II direncanakan akan menyambungkan Kelapa Gading menuju kawasan Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan pengerjaan soil testing ini menjadi awal dari proses pengajuan izin trase yang akan disampaikan ke Kementerian Perhubungan. Rute barunya yang menyambungkan ke JIS berbeda dari keputusan rute sebelumnya yang hanya sampai ke stasiun PRJ di Kemayoran.

"Tahap ini dilakukan untuk mengajukan izin trasenya ke Kemenhub," kata Iwan saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/7/2019).


Iwan mengatakan pengujian tanah ini ditargetkan rampung pada September tahun ini. Jika izin trase bisa terbit pada tahun ini, maka pengerjaan fase kedua LRT Jakarta bisa segera dikebut.

"Target selesai September," katanya.

Jadi untuk izin trase, setelah feasibility study dan basic design selesai, Jakpro akan menyiapkan dan berkoordinasi dengan dinas perhubungan DKI Jakarta. Setelah disetujui dulu oleh Gubernur DKI Jakarta, baru kemudian di-submit ke Kementerian.

Namun demikian, menurut timeline dari Jakpro sendiri pembangunan fase II baru bisa dimulai pada tahun depan. Hal tersebut dengan catatan izin trase dari Kementerian Perhubungan disetujui dan seluruh proses lancar menuju groundbreaking.



Dengan rute Kelapa Gading menuju JIS, maka panjang jalur LRT Jakarta fase II mencapai 7,5 km. Namun saat ini belum diketahui biaya investasi yang dibutuhkan mengingat proses studi belum rampung.

Sebagai informasi, LRT Jakarta yang dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo merupakan proyek pemerintah provinsi DKI Jakarta yang dimulai sejak 2016 lalu. Pada fase pertama, proyek ini menyambungkan area Kelapa Gading menuju Velodrome sepanjang 5,8 km.

Saat ini proyek tersebut sudah dapat dipakai meski dalam kapasitas terbatas lantaran masih berlabel uji coba. Penggunaan LRT Jakarta diintegrasikan dengan sejumlah moda transportasi JakLingko mulai dari angkot hingga bus TransJakarta.


Kapan LRT dari Gading ke Stadion Baru Persija Mulai Dibangun?


Simak Video "Proses Administrasi jadi Pengganjal LRT Jakarta Beroperasi Komersial"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com