Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 09:40 WIB

Tahun Depan, Giliran Kalideres-Ujung Menteng Dibangun MRT

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Belum juga konstruksi fase II menunjukkan perkembangan yang berarti, PT MRT Jakarta kini sudah mulai bergegas menyiapkan rencana pembangunan fase ketiga alias Timur-Barat yang menyambungkan Cikarang dan Balaraja. Pada tahap awal ini, MRT Jakarta akan fokus untuk membangun 31 km yang ada di wilayah Jakarta, dari Kalideres hingga Ujung Menteng.

Pembangunan MRT memang harus dikebut jika target memiliki 230 km jalur MRT dalam 10 tahun ke depan ingin dicapai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan target ini saat menggunakan Ratangga (sebutan untuk kereta MRT Jakarta) pada akhir Juni 2019 lalu.

Target 230 km juga sudah digambarkan oleh studi yang dilakukan oleh Jabodetabek Urban Transport Policy Integration Phase 2 (JUTPI 2). Total ada 10 line atau rute MRT yang akan mengelilingi provinsi Jakarta dan sekitarnya.

Kini, tinggal berharap bagaimana pemerintah pusat dan pemprov DKI Jakarta mengimplementasikan hasil kajian tersebut untuk dilaksanakan lebih lanjut. Jurus membangun pun tak lagi bisa sama dengan masa di awal membangun.

Berikut informasi selengkapnya: (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com