Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 09:40 WIB

Tahun Depan, Giliran Kalideres-Ujung Menteng Dibangun MRT

Eduardo Simorangkir - detikFinance
1 1. Kalideres-Ujung Menteng
Halaman 2 dari 5
Foto: Rifkianto Nugroho

Salah satu langkah percepatan yang dilakukan demi mewujudkan ambisi memiliki 230 km jalur MRT dalam 10 tahun adalah dengan memulai pembangunan MRT fase Timur-Barat pada 2020. Rute prioritas di dalam kota Jakarta akan dilakukan dari Kalideres ke Ujung Menteng sepanjang 31 km.

"Tahun depan kita sudah harus bisa mencanangkan fase 3 Timur Barat," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar kepada detikFinance saat dihubungi, Rabu (24/7).

Saat ini PT MRT Jakarta tengah mencari sumber pendanaan untuk fase tersebut. Pendanaan untuk fase Timur-Barat sendiri direncanakan berbeda dengan dua fase sebelumnya, di mana PT MRT mencoba mendapatkan pinjaman langsung dari swasta.

"Langkah internal yang kita lakukan di MRT khusus Timur-Barat, mulai mencari peluang pendanaan dengan beberapa opsi termasuk yang kami coba ini adalah kombinasi antara pendanaan pemerintah, pinjaman luar negeri dan dana swasta," kata William.

"Jadi MRT kalau secara feasible dimungkinkan dengan jaminan pemerintah, katakan mendapatkan pinjaman langsung dari donor," tambahnya.

Adapun saat ini basic engineering design mengenai fase Timur-Barat masih dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Rampungnya kajian tersebut kata William menjadi stimulus pencarian dana sehingga percepatan bisa dilakukan.

"Kita berharap itu bisa dipercepat," katanya.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com