Jalan Mau Dilebarkan, PKL di Jalur Puncak Bakal Digusur

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 02 Agu 2019 13:35 WIB
Foto: Farhan/ detikcom
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencari cara mengurai kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Rencana pembangunan jalur baru yaitu jalur puncak II pun dibahas lagi untuk itu.

Namun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pihaknya akan fokus membenahi jalur eksisting terlebih dahulu. Kalau itu beres baru lanjut ke jalur puncak II.

"Nanti kalau itu sudah selesai baru kita pikirkan puncak II ya, saya sudah ke sana, sudah ada tapak jalannya, tidak terlalu susah membangun itu, oke. Tapi itu kita utamakan dulu yang memperbaiki yang sekarang dulu," kata dia di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).


Dia mengatakan, kebijakan pemerintah saat ini adalah memperbaiki jalur puncak yang sudah ada, mulai dari melebarkan jalan hingga jembatan.

Lebih dari itu, pemerintah juga akan menata pedagang-pedagang di sepanjang jalur puncak. Dengan demikian jalur puncak yang sekarang bisa bertambah lebar. Pihaknya sudah menyiapkan lahan di kebun teh seluas lima hektare untuk menampung pedagang kaki lima (PKL).

"PKL sudah kita dapat tempat di perkebunan 5 hektare, kita sudah bikinkan untuk bisa memindahkan PKL, sehingga tidak di jalan, sehingga pemandangannya menjadi lebih baik, jalan bisa kita lebarkan," tambahnya.



Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi sebelumnya mengatakan, pihaknya dengan Kementerian PUPR berencana membangun jalur alternatif menuju puncak.

Rencana pembangunan jalur baru yakni meliputi jalur puncak II dan puncak III. Budi sendiri baru membeberkan jalur puncak II yaitu jalan alternatif yang menghubungkan Jonggol-Citeureup dengan Cipanas-Cianjur.

"Kan kemudian kita harus sudah melihat kepada pembangunan infrastruktur yang lain di sekitar Puncak. Puncak II maupun Puncak III dan semuanya saya sudah membentuk kerja sama dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," papar Budi usai menghadiri investor gathering di Merlynn Park Hotel, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

"Memang menurut saya perlu ada jalan baru. Jangka panjang itu membuka Puncak, Puncak III itu. Puncak II yang dari Citeureup sama Jonggol. Jadi mobil-mobil yang dari Jakarta mau ke arah Cianjur tidak usah lewat Puncak," tambahnya.


Jalan Mau Dilebarkan, PKL di Jalur Puncak Bakal Digusur


Simak Video "Jalur Puncak Menuju Jakarta Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)