Rencana Jokowi Lanjutkan Proyek Hambalang

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 03 Agu 2019 11:20 WIB
3.

Janji Sejak 2016

Rencana Jokowi Lanjutkan Proyek Hambalang
Foto: Pool

Jokowi mendapatkan laporan hasil audit teknis terhadap proyek Hambalang yang sudah mangkrak bertahun-tahun. Hasilnya, Presiden memutuskan agar pembangunan proyek Hambalang tetap dilanjutkan.

"Soal Hambalang tadi sudah kami laporkan hasil evaluasi tim independen yang berisi para pakar dari berbagai universitas. Presiden oke kita akan bangun Hambalang tapi beberapa syarat harus dipenuhi," kata Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakpus, Senin (2/5/2016).

Meski demikian Basuki menjelaskan, pembangunan lanjutan proyek Hambalang belum bisa dilakukan tahun ini. Menurutnya, paling cepat lanjutan pembangunan proyek itu dimulai pada 2017.

"Rekomendasi finalnya lanjut dengan catatan. Dan itu belum bisa dilakukan tahun ini. 2016 belum ada anggaran untuk pembangunan," jelas Basuki.

Selama 2016, tim independen akan melakukan penelitian. Penelitian yang harus dilakukan antara lain bangunan gedung, sistem drainase karena bertempat di lereng bukit, geoteknik lingkungan terkait kebencanaan dan regulasi dan perizinan. Selain itu, Presiden juga meminta dilakukan redesign.

"Hambalang ini bisa dilanjutkan dengan menyesuaikan daya dukungnya. Tim menyimpulkan kalau proyek ini ibarat dokter umum yang harus menangani penyakit jantung, tidak sesuai," tutur Basuki.



(toy/ara)