Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 09 Agu 2019 20:30 WIB

Mau Kumpul di Bali, Pengusaha RI-Afrika Kerja Sama Proyek Infrastruktur

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi proyek Infrastruktur/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi proyek Infrastruktur/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan menggelar acara Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019. Acara ini digelar di Nusa Dua Bali pada 20-21 Agustus 2019 mendatang.

Ada beberapa beberapa kegiatan di pada pada tersebut, antara lain kesepakatan bisnis antara Indonesia dan negara-negara Afrika untuk proyek infrastruktur dan pembahasan kerja sama perdagangan.

Direktur Jenderal Asia-Pasifik dan Afrika (Aspasaf) Kemenlu Desra Percaya mengatakan, Indonesia mengundang 53 negara Afrika pada acara ini.

"Peserta, ini bukan pertemuan tingkat menteri tapi kami membuka kalau negara itu diwakili oleh tingkat menteri. Sampai saat ini, kami sudah mendapat konfirmasi 53 negara Afrika itu yang kami undang, tingkat menterinya sudah memberi konfirmasi ada 15 tingkat menteri. Sementara pesertanya kita memperkirakan dihadiri 700 peserta dari Indonesia, 53 negara Afrika," katanya di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).


Tambahnya, hingga saat ini 90% negara telah mengonfirmasi untuk hadir.

"Kita berharap 53 negara hadir semuanya tapi bisa saya katakan sudah di atas 90% yang menyatakan konfirmasi kehadirannya," ujarnya.


Dia memaparkan, acara ini digelar karena berdasarkan catatannya 5 dari 10 kesepakatan bisnis adalah di bidang infrastruktur. Lalu, Indonesia mampu menyediakan jasa infrastruktur itu. Selanjutnya, infrastruktur dapat dikolaborasikan dengan potensi ekspor.

"Kita juga melihat infrastruktur prioritas pembangunan negara-negara Afrika," ujarnya.

Simak Video " Indonesia Kirim Vaksin Polio Ke Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed